Work From Home?

Ini 7 Aplikasi Odoo yang Wajib Dimiliki Perusahaan

Work From Home? Ini 7 Aplikasi Odoo yang Wajib Dimiliki Perusahaan

Pandemi membawa kebiasaan baru, salah satunya adalah Work from Home (WFH). Meski di banyak negara, bahkan di Indonesia sendiri penggunaan masker sudah dilonggarkan, nyatanya penyebaran virus Corona masih terus terjadi, bahkan cenderung meningkat. 

Work From Home (WFH) adalah suatu istilah bekerja dari jarak jauh, lebih tepatnya bekerja dari rumah. Work from home ini sudah tidak asing lagi bagi para pekerja freelancer. Namun, semenjak covid19 merebak di Indonesia, Work From Home menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir penyebaran virus corona. 


Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, work from home atau remote working tetap menjadi pilihan selepas pandemi. Terutama untuk jenis pekerjaan yang tidak perlu turun langsung ke lapangan. Rapat, pelatihan, pendidikan, bisa dilakukan secara online.


Untuk tetap terkoneksi walau lokasi bekerja yang berbeda serta pertemuan dengan customer yang dilakukan secara online, diperlukan alat komunikasi dan kolaborasi yang efektif serta efisien.

Odoo • Text and Image

Contoh yang paling jelas terlihat adalah absensi. Proses yang biasanya dilakukan secara offline, baik dengan menggunakan kartu, fingerprint, atau lainnya, membutuhkan fisik karyawan. Kegiatan tersebut jelas tidak bisa dilakukan ketika WFH diberlakukan. 


Tidak hanya itu, masih banyak aktivitas perusahaan yang akhirnya harus dikelola secara online. Lantas, bagaimana solusi terbaiknya?


Jawabannya ada pada Odoo. Rangkaian aplikasi bisnis open source ini mencakup semua kebutuhan perusahaan, seperti : CRM, e-commerce, akuntansi, point of sales, project management, inventaris, dan masih banyak lagi. 

 Ada 7 aplikasi Odoo yang dapat mendukung kegiatan WFH:

Inbox

Odoo Inbox terdapat di modul Discuss. Dengan memanfaatkan fitur ini, bisa dipastikan komunikasi antar tim, individu maupun departemen perusahaan menjadi lebih lancar. Tidak hanya digunakan untuk berdiskusi atau bertukar pikiran, Odoo Inbox juga memudahkan proses mengirim file.

Salah satu fitur dari modul discuss adalah collaborative editing. Fitur ini didukung dengan voice dan video conference yang akan membuat proses diskusi dengan tim semakin mudah.

Project and Task Management

Modul penting berikutnya dari Odoo adalah Project dan Task Management. Di modul ini, informasi proyek serta task untuk masing-masing anggota tim dapat ditampilkan dalam bentuk dashboard. Progress penyelesaian task dan masing-masing statusnya dapat dikomunikasikan dengan mudah antar anggota tim.

Human Resource

Pemberlakuan WFH merubah salah satu konsep perkantoran, yaitu absensi. Absensi yang dilakukan dengan mesin fingerprint dapat dibuat lebih efektif dengan penggunaan Modul Attendance yang memungkinkan untuk melakukan absensi secara online. Informasi rekapitulasi absensi serta kegiatan dalam periode tertentu juga dapat dianalisa dengan mudah. 

Kelola cuti karyawan dengan modul Time-Off. Izinkan atau tolak permintaan cuti karyawan. Tangani semua permintaan dari karyawan dan dapatkan notifikasi melalui email untuk setiap permintaan baru

Calendar

Mungkin tidak semua orang mampu mengingat dengan baik, apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Termasuk juga meeting penting yang mungkin saja terlupakan. Modul Calendar membantu penggunanya dalam aspek penjadwalan dan perencanaan dalam perusahaan. Bagikan agenda meeting dengan tim dengan mudah

Live Chat

Dengan Odoo Live Chat, Anda bisa melakukan online chat dengan pelanggan dan pengunjung website secara real-time. Tidak memerlukan server khusus untuk chat, semua dapat dilakukan melalui website.

SMS Marketing

Selain Live Chat, Anda juga bisa menggunakan SMS untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dengan menggunakan SMS Marketing, Anda bisa dengan mudah menyebarkan informasi penting. Selain itu, SMS bisa dikirim sesuai dengan target

Social Marketing

Media sosial sudah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan bisnis. Dengan memaksimalkan eksistensi di media sosial adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan sebuah bisnis/perusahaan.

Selain itu, media sosial juga bisa mendatangkan calon pelanggan, yang akan meningkatkan penghasilan. Tidak hanya itu, media sosial juga sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. 

Membalas setiap komentar yang masuk atau update informasi pasti akan menyita waktu. Namun, dengan memanfaatkan Odoo Social Marketing, penggunanya bisa mengelola media sosialnya hanya dengan satu menu saja.

Nah, itu dia tujuh aplikasi yang wajib disertakan di Odoo. Namun, bukan berarti modul lainnya tidak penting, ya! Karena bagaimana mungkin perusahaan tidak memiliki daftar hadir, akuntansi, daftar inventaris, atau yang lainnya. 

Semua modul yang ditawarkan Odoo sangat penting, akan tetapi Anda bisa menentukan mana yang paling tepat, dan sesuai dengan bisnis atau perusahaan butuhkan. Untuk informasi lebih lanjut bagaimana penerapan Odoo

#odooerp #odoopartner #softwareodoo #wfh #workfromhome #erpodoo #implementasierp #implementasiodoo #aplikasiodoo #sistemerp #erpindonesia #odooindonesia

50,000+ companies run Odoo to grow their businesses.

Join us and make your company a better place.